Sejarah Mitsubishi Colt Diesel

 
Berkiprah selama 46 tahun di industri otomotif Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) berhasil mencatatkan namanya di sejarah Indonesia sebagai penjual truk terbanyak pertama.
Ya, prestasi itu didasari keberhasilan KTB menjual satu juta truk Colt Diesel yang dicapai pada 20 Januari 2017 lalu. KTB pun mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan mendapatkan gelar 'Pencapaian Penjualan Truk Terbanyak'.

"46 tahun kami hadir di Indonesia. Tak hanya ikut berkontribusi di industri otomotif Indonesia, namun juga sektor lainnya dengan menghadirkan sarana transportasi angkut yang sangat menunjang. Atas pencapaian ini, kami tentunya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," ucap Director of Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono saat makan malam bersama keluarga Mitsubishi di Hotel Mulia, Senayan, Jumat (10/03).




Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Atsushi Kurita menambahkan, rekor penjualan sejuta unit ini bukanlah prestasi yang mudah didapatkan tanpa adanya dukungan masyarakat Indonesia.
"Saya bersyukur bisa berbagi momen dengan seluruh keluarga dan pendukung Colt Diesel. Hal ini tidak dapat terwujud tanpa dukungan pemerintah Indonesia, Gaikindo, konsumen, diler dan semua pihak yang terkait dengan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors," ucapnya.

Sejarah panjang Colt Diesel sendiri bermula sebagai pick-up yang belum berwarna kuning seperti sekarang. Dimana pada tahun 1970 PT New Marwa yang ditetapkan sebagai distributor resmi Mitsubishi di Indonesia meluncurkan produk pertamanya T100, si raja jalanan.

Besarnya respon masyrakat pun mendorong New Marwa menghadirkan generasi penerusnya yakni T120 pada tahun 1972 dan mengubah nama perusahaan menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada tahun 1973. Pada tahun 1975, KTB kembali menghadirkan produk baru berupa T200 yang juga belum berwarna kuning.

Lalu pada tahun 1979, barulah Tipe FE101 dan FE111 yang berwarna kuning muncul, diikuti kehadiran 104 di tahun 1984 sebagai Colt Diesel 4 ban. Setahun berselang, KTB kembali menghadirkan inovasi dengan meluncurkan FE114 dengan 6 ban.

Posisi KTB sebagai penyedia kendaraan angkut segala medan semakin kuat di era 1990-an dengan menghadirkan segudang tipe. Adapun pada tahun 1990, KTB menghadirkan FE119 dan FE449 dan terus mempertahankan posisinya. Memasuki tahun 1996, KTB meluncurkan FE447 dengan kabin lebih lebar, diikuti model FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349 pada tahun 1997.

Lima tahun berselang tepatnya pada tahun 2002, KTB berinovasi dengan menyempurnakan model sebelumnya yaitu FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349. Penyempurnaan tersebut meliputi pengubahan transmisi dan perseneling stir menjadi perseneling lantai, serta perubahan design headlamp dari bulat menjadi kotak.

2007 menjadi era baru bagi Mitsubishi Colt Diesel dengan tampilan yang berubah total sesuai regulasi Euro 2. Tak hanya tampilan, teknologi yang diusungnya ikut berubah dengan menyematkan Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift. Sebuah inovasi merupakan inovasi pertama kendaran niaga yang merubah posisi tuas transmisi menyatu dengan dashboard.

Era 2009 hingga 2016 KTB memiliki lini lengkap dengan menghadirkan FE304, FE334, FE 347, FE349, FE119, FE447, dan FE449. Colt Diesel FE 7 dan FE 8 series total memiliki 13 varian dengan tipe FE71, FE73, FE74, FE83, FE84, FE8HD, serta FE8HDX. Di periode ini, mesin Colt Diesel mulai dilengkapi Turbo Intercooler.

Info Pemesanan Wilayah Sumatera Utara dan Aceh
Hub 0821 6667 0345
Mitsubishi Berlian Medan

 

Diberdayakan oleh Blogger.